Sabtu, 05 Mei 2012

7 permata paling langka dan mahal

Sejak dulu manusia selalu tergila-gila dengan perhiasan, terutama kaum perempuan. Sejumlah batu permata yang kita kenal di antaranya adalah berlian, rubi, atau safir. Nah, berikut ada 7 batu permata paling langka yang pastinya berharga selangit.
  1. Jadeite – US$3 jut/karat
    Jadeite
Inilah batu permata paling langka, sekaligus paling mahal. Dulu ia hanya bisa ditemukan di Guatemala, namun sekarang sudah ada yang menjualnya di California. Biasanya berwarna hijau, putih atau keabu-abuan. Rekor harga tertinggi yang pernah dipecahkan untuk kalung berhias untaian 27 jadeite berdiameter 5mm adalah sebesar 9,3 juta dolar AS. Rekor ini dipecahkan pada November 1997 di Christie’s Hong Kong Sale.
2. Berlian merah – US$2,5 juta/karat
Sangat sedikit berlian merah yang pernah ditemukan, dan sedikit pula orang yang pernah melihatnya. Batu ini berwarna merah keunguan, dan menjadi jenis berlian termahal. Berlian merah terbesar dan terbaik biasanya akan dilelang setiap dua tahun sekali, dan akan terjual seharga jutaan dolar.
3. Serendibite – US$2 juta/karat
Batu permata langka ini hanya bisa didapatkan di Srilanka. Hingga sekarang hanya ada 3 serendibite yang pernah dipotong, sebesar 0,35 karat, 0,55 karat dan 0,56 karat. Untuk yang paling kecil tadi saja terjual sebesar US$14.300 per karat.
4. Garnet (batu akik) biru – US$1,5 juta/karat
Jenis batu akik ini banyak ditemukan dalam berbagai warna, di antaranya merah, oranye, kuning, ungu, coklat, hitam, dan pink. Yang paling langka adalah yang berwarna biru, terakhir ditemukan tahun 1990 di Madagaskar. Ia bisa berubah warna, dari biru kehijauan di siang hari menjadi bersinar keunguan di malam hari. Rekornya adalah, garnet biru 4,2 karat terjual US$6,8 juta pada 2003.

5. Painite – US$60.000/karat
Batu ini dipercaya merupakan mineral paling langka di bumi. Painite pertama kali ditemukan di Myanmar pada tahun 1950 oleh Arthur Pain. Selama bertahun-tahun, hanya ada 3 painite kecil yang pernah ditemukan.
6. Grandidierite – US$50.000/0,5 karat
Batu mineral kebiruan ini pertama kali ditemukan di Madagaskar. Ia bisa memantulkan tiga warna, yakni biru, hijau dan putih. Ia dinamai sesuai dengan penemunya, yaitu sejarawan alam Alfred Grandidier.
7. Musgravite – US$35.000/karat
Ini merupakan salah satu batu permata paling langka, dan ditemukan baru-baru ini. Ia pertama kali ditemukan di Musgrave, Australia, maka dinamakan Musgravite. Ia juga ditemukan di Greenland dan Madagaskar. Dua butir musgravite yang telah digosok pertama kali berasal dari Sri Lanka, yakni pada 1993.(yri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar