Sabtu, 05 Mei 2012

Permata Spinel - History

Apabila anda hendak memiliki batu permata seindah batu mirah (ruby) tetapi tidak sanggup membayar semahal itu anda bisa memilih batu spinel. Batu spinel merupakan pengganti batu mirah ruby yang cocok dan merupakan pilihan yang terbaik. Banyak orang tidak bisa membedakan batu spinel dengan batu asli ruby atau mirah karena jika dilihat dan dirasakan, kedua batu tersebut nyaris hampir sama. Banyak perhiasan-perhiasan kerajaan di seluruh dunia yang awal-awal dikira terbuat dari batu ruby dan ternyata setelah diselidiki batu-batu tersebut adalah batu spinel!


Spinel Gemstone (Batu Spinel)

Batu spinel adalah salah satu batu yang terkeras dan memiliki nilai 8 berdasarkan daftar keras Mohs dan batu ini juga merupakan salah satu batu terfavorite buat para penggemar batu permata. Perbedaan mendasar hanyalah terletak pada komposisi kimiawinya. Ruby terdiri dari alumunium oxida dan spinel terbuat dari magnesium alumunium oxida. Namun batu spinel lebih bervariasi karena unsur magnesium dapat digantikan oleh unsur besi, mangan ataupun zinc, dan chromium serta besi bisa menggantikan alumunium. Oleh sebab itu anda dapat menemukan spinel dalam berbagai warna seperti pink, oranye, biru, hijau dan hitam. Kekerasan, keawetannya dan warnanya yang mengkilau membuat batu spinel sangat cocok dijadikan sebagai barang perhiasan multi guna.

Namun diantara banyak batu spinel berwarna batu spinel merahlah yang bernilai tinggi atau termahal dibanding spinel berwarna lainnya. Spinel merah mirip ruby diatas 10 carat amatlah langka. Ditemukan juga spinel yang dapat berubah warna dan juga star spinel yang memiliki 4 atau 6 berkas sinar. Negara penghasil utama spinel adalah Myanmar (Burma) dan Srilanka. Negara lainnya adalah Brazil, Thailand, Kamboja, Afghanistan, Tanzania, Vietnam dan Rusia.

Kegunaan atau manfaat
Batu spinel dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain meningkatkan hasrat, memperkuat vitalitas seseorang, mengisi energi yang hilang dan membantu mengurangi kelelahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar