Sabtu, 05 Mei 2012

Permata Tourmaline - History

Batu tourmaline sering disebut sebagai batu bunglon karena batu tourmaline beraneka ragam warnanya termasuk hitam dan putih namun yang paling dikenal biasanya yang berwarna merah muda. Ada pula yang terdapat beberapa macam warna sekaligus seperti warna pelangi. Batu tourmaline bukan hanya indah warnanya tapi juga dipercayai dapat menstimulasi imajinasi. Jika dipanaskan warna batu ini akan berubah-ubah dan akhirnya akan menjadi suram dan kilauannya yang bening seperti kaca akan hilang. Batu tourmaline juga sering disalah-sangka sama yang melihatnya, dia bisa dikira batu safir karena warnanya yang biru, dia bisa merupai batu zamrud karena warna hijau seperti zamrut juga ada di batu tourmaline, “rubellite” (nama untuk tourmaline warna merah atau merah muda) juga sering dikira batu mirah. Batu tourmaline yang berwarna hijau dan merah sangat jarang.
batu batu tourmaline
Nama-nama batu tourmaline dikategorikan sesuai dengan warnanya:
Warna merah dan pink = rubellite
Warna biru = indicolite / indigolite
Warna hijau = verdelite
Warna kuning = dravit
Warna hitam = schorl
Tak berwarna = achroit

Batu tourmaline memiliki gabungan chemical dari boron, silicate dan alumunium. Warna indah dari batu tourmaline ini kebanyakan berasal dari chrome, besi, vanadium dan manganese, bisapun tembaga. Komposisi batu tourmaline ini termasuk ribet, kompleks dan tidak mudah dimengerti. Batu tourmaline mempunyai nilai keras 7.5 berdasarkan daftar keras Mohs membuat batu tourmaline termasuk ke dalam batu mulia, mereka menempati di urutan ke lima setelah batu intan, corundum, chrysoberyl dan topaz.

Orang Cina sering memadukan batu tourmaline dengan batu giok (jade) untuk sebuah perhiasan. Salah satu ciri khas dari batu tourmaline adalah jika digosok dengan tangan maka batu itu akan menjadi magnetis dan akan menarik benda-benda kecil seperti potongan kertas atau gabus.

Batu tourmaline banyak ditemukan di Brazil, California, Pakistan, Afghanistan, Afrika Timur, Madagascar, Srilanka dan Rusia.

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan
Batu tourmaline dijadikan batu khusus atau batu yang cocok untuk batu kelahiran bulan Oktober dan pemberian di hari peringatan perkawinan yang ke 8. Dalam dunia astrology atau perbintangan batu tourmaline dihubungkan dengan zodiac Libra dan Scorpio.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar